Berita

Berlian (Berbagi Ilmu antar Relawan) tanggal 13 Agustus 2021, mengusung tema salah satu program unggulan PKBI yaitu Bina Anaprasa dengan narasumber ibu Dr.Hj.Aini Kusniawati,M.M selaku ketua PKBI Cabang Ciamis yang konsisten menjalankan program Bina Anaprasa sudah selama 24 tahun. Berikut poin pembahasannya :

Definisi Bina Anaprasa

Bina Anaprasa merupakan pendidikan anak prasekolah dengan sasaran usia 0-6 tahun dan melakukan pembinaan kepada orang tua peserta Bina Anaprasa, khususnya dibidang Keluarga Berencana (KB), kesehatan, kebersihan lingkungan dan peningkatan ekonomi keluarga serta materi pengetahuan praktis lainnya. Bina Anaprasa merupakan Pendidikan yang mengandung 2 sistem kamar. Dimana saat anak-anak bergabung dalam bidang anaprasa mengikuti kegiatan belajar sambil bermain, maka secara bersamaan di ruangan lain orang tuanya diberi bekal pengetahuan oleh kader pengelola Bina Anaprasa.Read More

 

Berlian (Berbagi ilmu antar relawan) edisi spesial tanggal 29 Juni 2021 dengan mengundang narasumber dari Perkumpulan Puzzle Indonesia, Female Plus dan IPPI yang berpengalaman dalam issue HIV dan komunitas.

Bicara soal layanan kesehatan reproduksi pada diskusi ini ruang lingkupnya yaitu konseling, kontrasepsi, IMS, Tes HIV, ginekologi organ reproduksi perempuan dan kekerasan berbasis gender.

Berdasarkan STBP (Survei Terpadu Biologis dan Perilaku) tahun 2007 prevalensi HIV pada LSL (Lelaki Seks Lelaki) 5,9% menjadi 17,9% pada tahun 2018. Survei yang dibuat oleh Perkumpulan Puzzle Indonesia menunjukan 60 % kelompok dampingan atas kemauan sendiri datang ke layanan untuk tes HIV, itu berarti kesadaran akan pentingnya mengetahui status kesehatan sudah baik. Hal tersebut tidak terlepas dari peran petugas lapangan yang pernah mendampingi mengakses layanan.Read More

Apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 ?

Berlian (Berbagi Ilmu Antar Relawan) seri ke 16 dengan narasumber dr.Siti Hannifah yang saat ini aktif sebagai tenaga medis di klinik mawar PKBI Kota Bandung menyampaikan presentasi tentang pencegahan penyebaran cepat covid-19.
Read More

Berlian (Berbagi ilmu antar relawan) tanggal 12 Maret 2021 dengan tema perlindungan anak di situasi bencana mengundang narasumber kang Brata Manggala relawan PKBI yang bekerja di Save The Children dan pemandu acara Nia Nailan relawan PKBI Subang, berikut ini poin pembahasan dari sesi diskusi :Read More

 

Mitra PKBI, di negara berkembang seperti Indonesia, perempuan akan terdampak lebih keras akibat COVID-19: sebanyak 70% perempuan bekerja di sektor informal—dengan akses perlindungan sosial yang terbatas dan pemasukan harian yang membuat mereka tidak mendapatkan upah ketika tidak bekerja. Sementara itu, kebanyakan pekerjaan di sektor informal bergantung pada keramaian dan interaksi sosial—yang kini telah dibatasi untuk memperlambat penyebaran virus.

COVID-19 membuat penghasilan perempuan menurun dan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja semakin menurun.

UN Women merekomendasikan negara-negara untuk membuat sistem jaring pengaman sosial yang sensitif gender, beberapa di antaranya adalah dengan menyalurkan uang tunai kepada perempuan, menggunakan program perlindungan sosial yang telah ada.

Salah satu kelompok perempuan yang terdampak adalah perempuan hamil dan menyusui, yang seharusnya mendapatkan asupan nutrisi yang baik dalam keberlangsungan dan proses bereproduksi.

PKBI Jawa Barat menerima dan menghimpun donasi yang dikirimkan melalui rekening PKBI Jawa Barat dan dapat diserahkan langsung ke sekretariat PKBI Jawa Barat.
Donasi ini akan diserahkan kepada ibu hamil dan menyusui yang mengalami kesulitan memenuhi nutrisi dan kebutuhan pokok akibat covid 19.

Mari berdonasi

#pkbijabar
#donasicovid19