Peringatan Hari Anak Nasional

Pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 telah dilaksanakan serangkaian Kegiatan dalam memperingati Hari Anak Nasional tahun 2018, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Bandung. Tema yang di usung dalam kegiatan HAN 2018 adalah “ Wujudkan pengasuhan dengan penuh kasih sayang di mulai dari keluarga“

kegiatan ini dihadiri oleh AMPP dan petugas LPKA Bandung, perwakilan Keluarga AMPP dari Bandung Raya, perwakilan Keluarga AMPP dari Kota/Kab. Cirebon, perwakilan Keluarga AMPP dari Kabupaten Sukabumi, perwakilan Keluarga AMPP dari Kabupaten Garut, undangan para pemangku kepentingan seperti; The Asia Foundation, PUSPA Jawa Barat, KPAP Jawa Barat, DP3APM Kota Bandung, Cerita Anak Negeri, Dinsosnaker Jawa Barat, Fokab, PKPABH Psikologi UPI, FOMPA, Juga dihadiri oleh beberapa media jurnalistik seperti; PR Foto, Jabar Ekspres, TURI, Ayobandung.com/foto, Galamedia, inilah koran/foto, HDAS/Tv, Mangle, Warta Ekonomi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat, P2TP2A Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat, Lembaga Advokasi Hak Anak (LAHA) Bandung.

Peringatan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli merupakan suatu bentuk rangkaian perayaan nasional dalam memenuhi hak-hak dasar anak di Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 tahun 1984, peringatan Hari Anak Nasional bertujuan untuk mengapresiasi kiat-kiat masyarakat dalam memenuhi prinsip umum pemenuhan hak-hak dasar dan perlindungan anak di Indonesia secara menyeluruh.
Kewajiban pemenuhan hak-hak dasar anak menjadi komponen penting yang harus direalisasikan oleh Pemerintah Indonesia. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak; Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak; untuk mewujudkan lingkungan negara yang mendukung tumbuh kembang anak serta mengimplementasikan pemenuhan hak dasar anak tentunya mengacu pada prinsip-prinsip umum perlindungan anak, yaitu; non-diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan menghargai partisipasi anak dan tentu saja harus berlaku universal termasuk anak yang menjalani pidana penjara.

Program Peduli bersama PKBI Jawa Barat dalam pendampingan anak yang menjalani masa pidana penjara (AMPP) memiliki prioritas yang selaras pada pelaksanaan UU. No 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Tentunya, melalui peringatan Peduli Hari Anak Nasional dapat mewujudkan strategi pendekatan program inklusi sosial bagi kelompok AMPP serta membantu proses reintegrasi anak terhadap penerimaan keluarga dan masyarakat.
Adapun tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk :
1. Memperingati Hari Anak Nasional bagi masyarakat di Jawa Barat dalam membantu terwujudnya proses inklusi sosial bagi AMPP sesuai dengan pemenuhan hak-hak dasar anak.
2. Mendorong keterbukaan akses layanan dasar AMPP melalui kesadaran keluarga, masyarakat dan stakeholder terkait.
3. Menjadi wadah aktualisasi anak dalam mengapresiasi, mengembangkan diri serta melibatkan AMPP tentang konsep nilai positif diri sebagai pendukung strategi intervensi reintegrasi anak terhadap keluarga dan masyarakat.

Dalam upaya untuk membina motivasi serta menumbuhkan semangat AMPP dalam berprestasi, TIM Peduli PKBI Jawa Barat membuat serangkaian perlombaan dalam rangka menyongsong Hari Anak Nasional 2018, sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan serta memberikan kebahagiaan di moment spesial ini. Adapun bentuk-bentuk kegiatan perlomban seperti sepak bola, catur, volly ball, tenis meja, balap karung, makan kerupuk, berenang, balap sepeda, balap roda cadang, kebersihan kamar, bulu tangkis dan panco.

Pada kesempatan HAN 2018 di LPKA Bandung merupakan moment berharga, pada kesempatan ini Ibu Bupati Kabupaten Sukabumi berkesempatan hadir, salah satu maksud kehadiran beliau adalah untuk penandatanganan MOU antara pihak LPKA Bandung (Kepala LPKA Bandung) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi (Bupati Kabupaten Sukabumi) terkait pemulangan anak dan reintegrasi anak dengan keluarga. Tentu ini menjadi satu inspirasi dan contoh baik bagi pemerintah kabupaten/kota lain untuk bersama-sama dapat menjalin inklusi sosial di masyarakat. Dalam momen ini anak-anak bergembira, mendapatkan hadiah perlombaan, pentas seni dan unjuk potensi anak, serta ada satu moment AMPP speak up mewakili AMPP LPKA Bandung.

Penulis : Umiroh Fauziah

  • Share This Story

about author

admin

pkbijabar@pkbi.or.id

Administrator Website PKBI Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *